Tips Jitu Supaya Anak Suka Baca Buku (Indonesian)

Tips Jitu Supaya Anak Suka Baca Buku (Indonesian)

by Lisa TS on May 19, 2022

Tips Jitu Supaya Anak Suka Baca Buku (Indonesian)

Pada umumnya, dua bersaudara memiliki kesukaan dan karakter yang bertolak belakang. Saya memiliki dua orang anak, perempuan dan laki-laki, dengan jarak umur sekitar dua tahun. Anak perempuan saya kurang suka membaca dibandingkan anak laki-laki saya, walaupun kami sebagai orangtua mengenalkan buku-buku bacaan sedari mereka masih bayi. Saya yakin kita sebagai orangtua ingin memperlakukan anak-anak kita dengan adil, sayapun berusaha demikian.

Sehingga saya berusaha menganalisa mengapa anak lelaki saya lebih suka membaca dibandingkan anak perempuan saya. Sewaktu anak perempuan saya masih TK, dia tidak memiliki kesulitan di kelas, dia cepat tanggap dan cukup aktif. Saya pun pernah bertanya kepada guru TK A anak saya, apakah anak saya perlu ambil kelas tambahan mempelajari phoenics (cara membaca bahasa Inggris) atau tidak; dan guru TK A anak saya mengatakan tidak perlu, sehingga saya berpikir anak saya baik-baik saja.

Lalu sewaktu anak saya naik ke kelas TK B, setiap dia membaca buku di rumah, selain daripada buku pelajaran sekolah, dia tidak bisa membaca dengan lancar, bahkan untuk kata-kata umum (basic). Saya pun menjadi khawatir dan terkadang kesal karena saya berpikir dia seharusnya sudah bisa membaca dengan lancar, sayapun terkadang menjadi tidak sabar dan marah. Ini adalah kesalahan yang saya lakukan dan saya yakin hal ini mempengaruhi ketidaksukaan membaca pada diri anak saya.

Sedangkan untuk anak kedua saya, anak lelaki saya, dia memiliki sifat introvert, sedari kecil dia kurang cepat tanggap dibanding kakak nya. Maka, sewaktu anak saya TK A, saya tanyakan hal yang sama kepada gurunya dan gurunya pun setuju agar anak lelaki saya mengikuti kelas tambahan mempelajari phoenics. Hal ini tentunya sangat baik bagi anak saya karena dia memiliki dasar membaca yang kuat, baik pada saat membaca maupun mendengar bahasa Inggris. Saat dia kelas TK B, dia pun mulai membaca secara mandiri dan dia tidak mendapatkan kesulitan dalam membaca kata-kata umum (basic), bahkan dia dapat mencoba membaca kata-kata yang agak sulit secara mandiri juga.

Saya rasa hal inilah yang memicu kesukaan anak saya dalam membaca buku, karena dia dapat membaca secara mandiri dan dapat mengerti cerita di dalam buku tersebut sampai selesai.

Jika saya dapat kembali ke masa lalu, saya pasti akan membaca lebih banyak buku di pagi atau siang hari serta sebelum tidur di malam hari, membuat kegiatan membaca sebagai rutinitas harian. Kedua, saya akan membantu anak perempuan saya dalam membaca kata-kata yang sulit bagi dia, dengan sabar, bukan dengan nada kesal atau marah karena dia tidak bisa membaca dengan benar.

Sekarang anak perempuan saya sudah kelas 2 SD, dia dapat membaca secara mandiri, tetapi kesukaan akan membaca buku dalam dirinya sangatlah kurang.

Kunci dari membaca sedari dini adalah sewaktu anak mulai belajar untuk membaca secara mandiri, mereka akan memiliki rasa ingin tahu apa isi dari buku tersebut dan jika mereka dapat membaca sendiri, mereka berasa seru karena mereka mengerti isi cerita buku itu. Hal ini membuat mereka ingin membaca lagi dan lagi. Sebenarnya, mirip seperti orang dewasa, jika kita bisa melakukan satu hal dengan baik, kita pasti akan melakukan nya dengan lebih sering. Misalnya, kita suka memasak dan masakan kita enak, pasti kita akan sering memasak. Lain halnya kalo kita tidak bisa memasak atau hasil masakan kita kurang enak, pasti kita jadi malas memasak karena kita berasa kurang ahli.

Saya berharap pengalaman saya dapat membantu anak-anak Anda menjadi pembaca kecil sedari usia dini.

Buku SCIENCE ADVENTURES Starter adalah buku yang sangat baik dikenalkan untuk anak usia dini, mulai dari 5 tahun, di mana mereka mulai diajarkan membaca di sekolah.

Andapun dapat meluangkan waktu bersama anak Anda dengan membaca bersama, seperti di hari libur, akhir pekan ataupun setiap malam sebelum tidur.

SCIENCE ADVENTURES Starter untuk usia 5-6 tahun 

SCIENCE ADVENTURES Connect untuk usia 6-8 tahun 

SCIENCE ADVENTURES Digest untuk usia 8-12 tahun